IN HOUSE TRAINING (IHT) UPTD. SD ISLAM NEGERI COKROAMINOTO 2 KALABAHI “MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK”
Peserta IHT dan Narasumber
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran Intrakulikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan penguatan kompetensi. Pengembangan kurikulum merupakan suatu proses perancangan yang menghasilkan suatu alat yang lebih baik yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran.
Visi pendidikan Indonesia yaitu Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman dan bertaqwa dan berakhlak mulia, bergotong royong dan berkebhinekaan global. Untuk mencapai Visi tersebut hadir Kurikulum Merdeka yang diimplementasikan melalui Program Sekolah Penggerak ini dapat mendorong satuan pendidikan melakukan proses transformasi diri agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik baik dari aspek kognitif yaitu literasi dan numerasi dan Non Kognitif berupa karakter untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Upaya pengembangan hasil belajar peserta didik dapat diwujudkan apabila kepala sekolah dan guru memiliki kapasitas dan kompetensi yang memadai. Pada Sekolah Penggerak peningkatan kapasitas dan kompetensi guru akan ditingkatkan melalui pelatihan dan pendampingan. Untuk itu UPTD SD Islam Negeri Cokroaminoto 2 Kalabahi melakukan kegiata pelatihan In House Training dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan dan mengimplementasikan Kurikulum merdeka. Peserta dalam kegiatan In House Training diikuti oleh guru kelas I, guru kelas IV, guru pendidikan Agama dan guru PJOK yang berjumlah 19 orang . Nara sumber pelatihan IHT difasilitasi oleh peserta Komite Pembelajaran (PKP) yang telah mengikuti pelatihan Komite Pembelajaran selama 20 hari efektif secara daring sebanyak 3 orang yakni Suryati Jaka,S.Pd. selaku kepala UPTD. SD Islam Negeri Cokroaminoto 2 Kalabahi. Fatmawati Ulumando,S.Pd. sebagai guru kelas atas dan Nuriati Kasim,S.Pd. selaku guru kelas bawah. Jadwal kegiatan IHT UPTD SD Islam Negeri Cokroaminoto 2 Kalabahi berlangsung selama 7 hari efektif dari tanggal 29 Juni s/d 07 Juli 2022. dengan akomulasi 56 JP materi.
Narasumber Kegiatan IHT
IHT dibuka oleh pengawas binaan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Alor ibu Sri Santi Sumaa,S.Pd.SD, dipantau oleh Kabid PTK bapak Suparman Tayib,S.Pd dan ditutup oleh Komite sekolah UPTD SD Islam Negeri Cokroaminoto 2 Kalabahi bapak Hamid Sallo.
Pengawas Binaan Dinas Pendidikan Kab. Alor (Kiri) bersama Kepala UPTD SD Islam Negeri Cokroaminoto 2 Kalabahi (kanan)
Materi yang disampaiakan pada kegiatan IHT meliputi:
1. Orientasi program sekolah penggerak, pelaksanaan IHT, serta refleksi pembelajaran paradigma baru kurikulum merdeka
2. 1. Pembelajaran mandiri mikro learning;
3. 2. Pemahaman capaian pembelajaran;
4. 3. Penyusunan KOS (analisis karakteristik satuan pendidikan, visi misi dan tujuan satuan pendidikan);
5. 4. Perancangan penyusunan CP, TP, ATP, dan modul ajar;
6. 5. Perancangan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dan pengorganisasian pembelajaran;
7. 6. Perencanaan berbasis data;
8. 7. Pengenalana platform teknologi prioritas
Selain mengikuti materi tersebut di atas, peserta IHT juga mengikuti rangkaian kegiatan lain berupa kegiatan pretest dan posttest.
Selama kegiatan berlangsung, peserta sangat antusias mengikuti setiap materi yang disajikan oleh Narasumber. Hal ini dibuktikan dengan presentasi kehadiran peserta sangat baik, para peserta aktif dalam mengajukan pertanyaan sebagai bentuk tanggap terhadap materi yang disajikan, dan adanya produk yang dihasilkan dari kegiatan ini berupa dokumen kurikulum merdeka seperti penyusunan PROTA, PROMES, Penyusunan CP, TP, ATP, dan Modul Ajar yang siap dipakai pada Tahun Pelajaran 2022/2023.
Tujuan umum kegiatan In House Training UPTD SD Islam Negeri Cokroamonoto 2 Kalabahi adalah setelah mengikuti pelatihan ini peserta IHT diharapkan dapat:
- Memahami, menganalisis dan menyusun kerangka Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOS),memahami Capaian Pembelajaran menjadi Tujuan Pembelajaran dan merancang Alur Tujuan Pembelajaran menjadi modul ajar.
- Memahami perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- Memahami prinsip, tujuan dan metode perencanaan berbasis data yang digunakan untuk merancang program di satuan pendidikan
- Mengetahui kegunaan dan perkembangan Platform teknologo prioritas yang mendukung implementasi kurikulum merdeka sebagai Kurikulum para digma baru yang dilaksanakan sesuai petunjuk teknis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar