LAPORAN KEGIATAN WORKSHOP PEMBUATAN DAN PENGEDITAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN CANVA
UPTD SD ISLAM NEGERI COKROAMINOTO 2 KALABAHI


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang 

Menjadi guru yang kreatif dan inovatif adalah impian dan harapan masa depan dunia pendidikan, dan  memiliki guru yang kreatif dan inovatif menjadi sebuah kebanggaan tersendiri pada UPTD SD Islam Negeri Cokroaminoto 2 Kalabahi yang selalu berusaha berubah untuk mendesain pola pembelajaran menarik, menyenangkan disesuai dengan bakat,minat dan kemampuan peserta didik di era digital


Penggunaan media digital dalam hal ini vedio pembelajaran memang bukan hal yang baru di dunia pendidikan di era digital, karena dengan adanya vedio pembelajaran akan memberikan dan menciptakan nuansa yang lebih menarik bagi guru maupun peserta didik. Oleh karena itu menyiapkan guru yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan penguasaian aplikasi pembelajaran digital meliputi  pembuatan, pengeditan, pengolahan dan pemanfaatan  penggunaan vedio pembelajaran menjadi sebuah keterampilan yang harus dikuasai oleh guru untuk dapat menningkatkan kualitas pembelajaran.
Hampir semua guru belum memahami penggunaan aplikasi Kanva dalam membuat dan mendesai vedio pembelajaran, para guru menyadari bahwa kemampuan membuat media pembelajaran  masih tergolong rendah, masih banyak hal yang perlu dipelajari atas keterampilan penggunaan media digital ini. Oleh karena itu melalui kegiatan Workshop Pembuatan, Pengeditan Vedio Pembelajaran dengan menggunakan Kanva dapat meningkatkan kemampuan keterampilan guru untuk berkreasi membuat vedio pembelajaran dengan tujuan dapat memberi dampak yang lebih baik pada kegiatan pembelajaran di kelas maupun  pembelajaran secara daring.


B.      Tujuan Kegiatan

             Tujuan kegiatan Workshop Pembuatan dan  Pengeditan Vedio Pembelajaran dengan menggunakan Kanva dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi keterampilan guru untuk berkreasi membuat vedio pembelajaran dengan tujuan dapat memberi dampak yang lebih baik pada kegiatan pembelajaran di kelas maupun  pembelajaran secara daring.   

C.      Waktu dan Tempat  Kegiatan

Kegiatan Workshop Pembuatan dan  Pengeditan Vedio Pembelajaran dengan menggunakan Kanva dilaksanakan pada Tanggal 19 – 21 Desember 2022 di ruang UPTD SD Islam Negeri Cokroaminoto 2 Kalabahi.

D.      Narasumber dan Peserta Kegiatan

Kegiatan workshop diikuti oleh  dewan guru UPTD SD Islam Negeri Cokroaminoto 2 Kalabahi yang  berjumlah 28 guru dan menghadirkan narasumber  bapak Ade Marthinus Grimu, S. Si. Gr (Kepala SD Kristen Gedion).

E.       Hasil Kegiatan

Tahapan Kegiatan pelatihan pembuatan dan pengeditan Vedio pembelajaran dengan aplikasi kanva dengan langkah-langkah sebagai berikut: 

  1. Kegiatann dumulai dengan melakukan asesmen diagnostic kepada peserta kegiatan dan permainan Quizz 
  2. Peserta kegiatan diarahkan untuk membuka situs Canva.Com dengan login menggunakan akun id belajar atau akun Gmail.  
  3. Peserta kegiatan diarahkan mendesai gambar menggunakan aplikasi canva
  4. Peserta lebihi paham mendesain video pembelajaran menggunakan aplikasi canva karna adanya pendampingan dari pemateri.
  5.  Peserta yang sudah mahir juga memberikan peraktik baik kepada peserta yang belum mahir
  6. Peserta mempresentasi video pembelajaran yang didisain menggunakan canva
  7. Hasil video pembelajaran yang terbaik mendapatkan reward.

 

                                                                  

      




BAB II
PENUTUP

A.      Kesimpulan

Kegiatan Workshop Pembuatan dan Pengeditan video Pembelajaran dengan menggunakan canva berupa kegiatan yang dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi keterampilan guru untuk dapat membuat vedio pembelajaran dan memberi dampak yang lebih baik pada kegiatan pembelajaran di kelas yang menyenangkan maupun  pembelajaran secara daring

Demikian laporan ini dibuat, agar dapat dijadikan acuan sekaligus bahan pertimbangan bagi pihak-pihak yang terlibat di  dalam kegiatan ini 

   

LAMPIRAN

Lampiran 1 : Surat Undangan




 







 
 

  Lampiran 2 : Surat Tugas

 






 



 

 

                                                                                                                          

Lampiran 4 : Spanduk

WhatsApp Image 2023-01-26 at 10.33.23 (1).jpeg

 

 

 

  

 

 

 


 

 

 

 

 

 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahan Ajar

[Bahan Ajar][bsummary]

Pancasila

[Pancasila][twocolumns]