PELAKSANAAN PTS (Penilaian Tengah Semster) DI UPTD SD ISLAM NEGERI COKROAMINOTO 2 KALABAHI

Lain dulu lain sekarang. Dulu kita tidak asing dengan istilah UH (Ulangan Harian), UTS (Ujian Tengah Semester), UAS (Ujian Akhir Semester), UKK (Ulangan Kenaikan Kelas), USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional), dan Ujian Sekolah (US). Tapi sekarang istilah-istilah di atas sudah tidak dipakai lagi. Sejak adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan, beberapa istilah tersebut mengalami perubahan nama. UH berubah menjadi PH (Penilaian Harian). UTS berubah menjadi PTS (Penilaian Tengah Semester), UAS berubah menjadi PAS (Penilaian Akhir Semester), dan UKK berubah menjadi PAT (Penilaian Akhir Tahun).

PTS (penilaian Tengah Semester) merupakan salah satu kegiatan sekolah setiap tahunnya. PTS semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 di sekolah dasar telah berlangsung, demikian juga di UPTD SD Islam Negeri Cokroaminoto 2 Kalabahi. seperti pelaksanaan PTS tahun kemarin, PTS tahun ini juga sebagian kelas melakukan PTS secara online (daring) yaitu kelas 4, 5, dan 6 sedangkan kelas 1, 2, dan 3 secara ofline dengan membagikan lembaran soal dan penggunaan infokus sebagai media untuk menampilkan soal yang berbentuk gambar.  Namun, walaupun pelaksanaannya berbeda tidak mengurangi semangat belajar anak-anak.

Secara umum, PTS Online kali ini tidak jauh berbeda dengan ujian-ujian online sebelumnya yang pernah dilaksanakan sekolah. PTS Online ini memakai aplikasi Google Forms dan dikelola oleh masing-masing wali kelasnya.
Guna mendukung kelancaran PTS daring tersebut, peserta didik diharapkan sudah menyiapkan segala perangkat pendukung untuk mengerjakan PTS dari rumah. Perangkat yang bisa dipakai antara lain laptop atau HP (smartphone) yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Jika peserta didik ingin bertanya (tidak terkait dengan jawaban) atau mengalami kendala teknis pada saat pelaksanaan PTS, mereka dapat mengirimkan pesan lewat WA Group yang telah dibuat agar kendala tersebut dapat segera diatasi.
PTS daring semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 ini dilaksanakan selama 6 (enam) hari, mulai hari Senin (19/09/2022) sampai Sabtu (24/09/2022). Setiap harinya, satu sampai dua mata pelajaran (mapel) yang diujikan. Meski dilaksanakan secara daring, peserta didik tetap harus mengedepankan kejujuran, tanggungjawab, serta kedisiplinan selama mengikuti PTS daring tersebut, sama halnya juga dengan ujian offline peserta didik diharapkan jujur dan bertanggung jawab dengan ujian yang diikutinya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahan Ajar

[Bahan Ajar][bsummary]

Pancasila

[Pancasila][twocolumns]