SIMULASI ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer)


Selasa, 27 September 2022, UPTD SD Islam Cokroaminoto 2 Kalabahi mengadakan simulasi ANBK. Simulasi ini bertujuan agar peserta didik paham dengan proses pelaksanaan ANBK dari awal sampai akhir sehingga pada saat pelaksanaannya nanti peserta didik yang terpilih untuk mengikuti ANBK sudah siap dan ANBK dapat berjalan dengan lancar.

selain peserta didik yang di tuntut harus paham terhadap proses pelaksanaan ANBK, satuan pendidikanpun juga harus lebih memahami teknis secara lengkap terkait pelaksanaan ANBK ini.

Berikut ini tiga hal penting yang wajib dipahami oleh satuan pendidikan dalam pelaksanaan simulasi ANBK 2022:

1. Instrumen ANBK

Terdapat tiga instrumen yang diujikan dalam ANBK. Yang pertama yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mencakup numerasi dan literasi.

Kemudian AKM literasi bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam berliterasi. Misalnya, memahami berbagai jenis teks. Bukan hanya dapat membaca namun dapat membuat refleksi, mengevaluasi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Instrumen yang kedua adalah Survei Karakter. Survei ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur karakter siswa sebagai hasil belajar. Terdapat enam unsur yang diukur di antaranya yaitu karakter beriman kepada Tuhan, gotong royong, kreativitas, nalar kritis, kebhinekaan global, dan kemandirian.

Yang terakhir adalah instrumen Survei Lingkungan Belajar. Survei ini dilakukan untuk mengetahui kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan.

Satuan pendidikan dapat dikatakan memiliki lingkungan belajar yang baik jika lingkungannya dapat menopang proses belajar siswa, guru yang secara konsisten melakukan perbaikan dalam praktik mengajar, kepala sekolah yang terus melakukan inovasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran, dan satuan pendidikan yang dapat menciptakan rasa aman bagi siswa.

2. Soal Asesmen ANBK

Terdapat sejumlah jenis soal dalam asesmen ANBK ini. Ada soal dengan jenis pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan jawaban, isian singkat, dan uraian.

3. Sistem Pelaksanaan ANBK

Pelaksanaan ANBK ini dilakukan dengan sistem online dan semi online.

Jika ANBK dilakukan secara online penuh, maka pihak sekolah harus menyiapkan komputer dan jaringan internet selama pelaksanaannya.

Jika dilakukan secara semi online, maka pihak sekolah harus mengunduh soal ANBK paling tidak tiga hari sebelum pelaksanaannya. Setelah dilakukan ANBK, pihak sekolah harus melakukan sinkronisasi data yaitu mengunggah hasil ANBK ke server pusat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELAKSANAAN UJIAN SATUAN PENDIDIKAN (USP) SECARA ONLINE UPTD SD ISLAM NEGERI COKROAMINOTO 2 KALABAHI