KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

Ekskul atau ekstrakurikuler merupakan kegiatan di luar jam pelajaran tetapi masih dilakukan di lingkup sekolah. Umumnya kegiatan ini dilaksanakan setelah jam pelajaran usai. Anak - anak biasanya memiliki ekskul pilihannya sendiri sesuai dengan minat dan bakat. Sebagai contoh program ekstrakurikuler SD antara lain pramuka, musik, seni, tari, hingga olahraga.


Kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik, dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu : (1) berkebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

Satuan pendidikan memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana memfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik. Oleh sebab itu, kegiatan ekstrakurikuler harus dikelola secara sistematis dan terpola agar bermuara pada pencapaian tujuan yang dimaksud. Agar dapat menyusun dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang tersistem dan terpola sekolah perlu memahami cara dan tahapan diperlukan panduan yang dapat membimbingsatuan pendidikan dalam menyelenggarakannya.

Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, ekstrakurikuler adalah kegiatan pengembangan karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secara optimal yang dilakukan di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan.

Ekstrakurikuler umumnya dibagi menjadi dua yaitu, ekstrakurikuler wajib dan pilihan.
Ekstrakurikuler wajib adalah kegiatan yang wajib diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan wajib diikuti oleh seluruh peserta didik.

Sedangkan, ekstrakurikuler pilihan adalah kegiatan yang dapat dikembangkan dan diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan dapat diikuti oleh peserta didik sesuai bakat dan minatnya masing-masing.


PROGRAM EKSTRAKURIKULER

• Drum Band

• Pramuka

• Tari

• Sains Club

• English club

• Sepak Bola

• Sanggar sastra dan bahasa

Ekstrakurikuler di atas merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan prestasi siswa dalam bidang non akademik. Dari sudut inilah kami menginginkan sebuah keseimbangan dalam peningkatan mutu sekolah diantaranya akademis dan non akademis dan berjalan dengan sinergi. Maka kami rumuskan dan gulirkan program Kelas Inspirasi sebagai langkah terbaik untuk menggali potensi siswa dibidang akademis dan non akademis secara kelompok khusus dengan visi dan misi yang jelas, sehingga akan melahirkan prestasi yang maksimal. Kelas Inspirasi ini diantaranya.

• Qur’an Club

Dalam kelas ini kita mempersiapkan anak-anak yang berminat dan berbakat dalam bidang keagamaan  untuk dibina, dididik dan dipersiapkan dalam menghadapi event-event keagamaan berupa lomba Pentas PAi yang berjenjang dari mulai tingkat Kecamatan sampai Nasional. Selain itu kelas ini dapat menjaring siswa untuk mengikuti Siswa berprestasi(teladan) PAi dari mulai tingkat Kecamatan sampai Nasional.

• Sains Club

Dalam kelas ini kami mempersiapkan siswa-siswi yang memiliki bakat dan minat dalam bidang IPA, Matematika, PLH, sDokter Kecil/PMR. Tujuan dari kelas ini adalah mempersiapkan siswa-siswi untuk berkompetisi dibidang Sains, seperti mengikuti lomba MIPA, OSK (Olimpiade Sains Kwark), mengikuti kegiatan Dokcil dibawah IDI dan PMR. Selain berprestasi dalam bidang non akademis, kelas Sains juga menjadi pendukung dalam peningkatan mutu pembelajaran siswa sehingga berimbas pada hasil akademis yang berpengaruh pada hasil NEM yang maksimal.

• Sanggar Sastra dan Bahasa

Dalam kelas ini mempersiapkan siswa siswi  dalam peningkatan kebahasan dan kreatifitas madding, wartawan cilik, Pidato Bahasa Inggris, dan utamanya Bahasa Indoneisa. Yang akan menjadi penyokong untuk kegiatan lomba FLS2N

• Olah Raga

Dalam kelas ini dilakukan pendataan, pemantauan siswa-siswi yang mengikuti kegiatan diluar SDIN COKROAMINOTO 2 KALABAHI dalam upaya pengembangan diri di Club-Club olah raga seperti Club Bulu Tangkis, Club sepak bola, Tenis Meja dan Beladiri.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELAKSANAAN UJIAN SATUAN PENDIDIKAN (USP) SECARA ONLINE UPTD SD ISLAM NEGERI COKROAMINOTO 2 KALABAHI